Si Kecil Sering Diare Namun Anda Takut Memberinya Obat Sembarangan? Ini Dia Cara Amannya!

Diare memang menjadi penyakit yang sering diderita oleh anak-anak. Sistem pencernaan anak-anak yang belum kuat membuatnya lebih rawan terkena kontaminasi bakteri maupun pengaruh suhu dan lingkungan. Banyak obat diare yang dijual bebas di pasaran, namun untuk anak-anak Anda tak boleh asal memilihnya apalagi bagi si kecil yang masih berusia di bawah 1 tahun. Memilih obat alami seperti probiotik adalah cara yang lebih bijaksana untuk diberikan pada si kecil. Probiotik mengandung bakteri baik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus yang secara alami sudah ada di dalam usus manusia.

Memberikan anak probiotik lebih aman dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia yang mempengaruhi kerja organ pencernaan. Penggunaan probiotik yang mengandung bakteri baik akan menambah jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna terutama di bagian usus sehingga bakteri jahat penyebab diare bisa dikalahkan. Bisa dikatakan bahwa probiotik bukanlah obat namun lebih kepada suplemen untuk menguatkan pertahanan tubuh. Karenanya, probiotik bisa dikonsumsi setiap hari dan aman untuk anak-anak bahkan balita.

Bagi anak yang sering mengalami diare karena sebab yang tidak jelas, pemberian probiotik juga lebih efektif karena mekanisme kerjanya yang bersifat menguatkan dari dalam sehingga apapun bakteri penyebab penyakitnya akan lebih mudah diatasi. Selain itu probiotik juga lebih efektif untuk kasus alergi laktosa pada anak. Alergi susu sapi memang sering berakibat terjadinya diare dan hal ini bukalah penyakit sehingga mengobatinya dengan obat kimia dinilai kurang tepat. Probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose ini bisa Anda dapatkan dalam bentuk serbuk ataupun cairan siap minum.

Untuk menjaga agar pencernaan anak selalu sehat, konsumsilah probiotik setiap hari. Bukan hanya untuk anak-anak yang rawan diare, namun siapa saja juga baik meminumnya karena jumlah bakteri baik di dalam tubuh bisa naik turun sesuai dengan kondisi tubuh. Untuk menstabilkannya sehingga Anda dan keluarga tak mudah terkena gangguan pencernaan, konsumsilah minuman probiotik 1 hingga 2 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *